Minggu, 10 Juli 2016

mengenal jenis dan aliran modif motor yang mendunia

Banyak dari kita yg kurang paham dan salah kaprah dalam menyebut aliran modif yg sedang kita gandrungi,

Mari kita coba  mengenal sedikit jenis aliran modif yg sudah mendunia, termasuk di negara kita ini

(1). Streetfighter


Modif yg satu ini sudah marak di kalangan bikers indonesia, bahkan pabrikan motor di indonesia kebanyakan menjual tipe motor naked/streetfighter ketimbang motor full fairing, karena motor tipe ini dikenal lebih murah dibanding tipe sport full fairing,
Sedikit info ttentang sejarah motor ini, pada awal nya modif yg satu ini berasal dari motor full fairing, namun karena crash dan untuk membeli fairing barunya mahal, maka motor ini pun dibiarkan terbuka tanpa fairing,
Ciri khas dari modif yg satu ini yaitu non fairing, mesin yg terlihat jelas tanpa penutup, memberikan kesan gagah pada motor ini,  pada umum nya bikers akan memadukan dengan stang baplang, menggantikan setang racing/jepit agar lebih nyaman riding position nya bila dipakai untuk jarak jauh.


(2). Caffe racer


Modif yg satu ini sekarang lagi menjamur dan marak-marak nya di indonesia, karena bentuknya yg klasik dan nyentrik, membuat para penggila  motor klasik mencoba modif ber gaya caffe racer ini,
Sejarah modif yg satu ini berawal dari pemuda jaman dulu yg suka nongkrong di caffe dan suka melakukan taruhan dengan balapan motor, akhirnya motor2 yg berbentuk seperti ini dikenal orang2 dengan istilah motor Caffe racer (pembalap dari caffe). Hehehe CMIIW...
Modif yg satu ini mempunyai ciri khas non fairing dan buntut belakang yg melengkung kebawah seperti buntut tawon, dilengkapi dengan stang jepit dan lampu depan bulat yg menunjukan aksen klasik nya.


(3). Bobber



Modif yang satu masih kurang terkenal di indonesia dibanding 2 tipe modif diatas tadi, memang modif yg satu ini lebih marak di daerah benua amerika sana, 
Modif tipe ini lebih menonjolkan ciri khas nya yaitu memakai ban super gede, dipadukan dengan stang yg tinggi yg membuat rider nya lebih terlihat gagah,  hampir mirip dengan modif yg kita kenal sebagai low rider,  karena tipe ini juga membuat motor terlihat lebih ceper, apalagi ditambah mesin besar yg jelas terlihat menambah modif satu ini lebih sangar lagi.


(4). Jap style



Modif yg satu ini berawal dari jepang yg juga mulai marak di indonesia, berawal dari virus modif yg di sebarkan dari negeri sakura, maka dari itu kenapa jenis yg satu ini di sebut Jap style (japan style),
Ciri khas modif yg satu ini ada tangki motor yg dibuat kecil dan jok yg pendek, serta sedikit memotong rangka motor, dipadukan dengan ban yg sedikit lebih besar dari standart nya dengan motif kotak2, modif yg satu ini terkesan lebih simpel dengan gaya klasik.


(5). Trail



Modif tipe ini mempunyai ciri khas shock yg ditinggikan dan penggunaan ban gravel atau mud, dipadukan dengan spakbor depan yg menempel dibawah rangka depan, serta stang yg panjang dilengkapi dengan handguard, modif yg satu ini memang bertujuan agar motor bisa melibas medan non aspal, tanah dan lumpur di daerah pegunungan atau tambak . motor dibuat lebih ringan dan dilengkapi dengan shock empuk depan belakang untuk meredam terjalnya medan, biasanya modif yg satu ini ditambah dengan penempata knalpot yg diselipkan dibawah jok belakang, yg bertujuan agar tidak mengganggu saat motor melewati jalan trrjal bebatuan,


(6). Supermoto



Yang satu ini mirp sekali dengan modif tipe trail, perbedaan yg mencolok terletak pada penggunaan ban saja, tipe yg satu ini menggunakan ban tipe semi, karena memang modif yg satu ini untuk penggunaan all track, bisa digunakan di aspal, bisa juga digunakan di tanah








Oke itulah sedikit ulasan tentang, beberapa tipe modif motor yg mendunia, semoga artikel ini bermanfaat untuk mas bro sekalian,
Terima kasih sudah membaca, tunggu info2 selanjut nya dari kami,
salam satu aspal...

BRAVO MRC....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar